Tes Kesehatan Pria


Sumber : Koran Tempo, 24 Januari 2008. dengan sedikit edit.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan mengapa kita perlu tes kesehatan (mdical check up).

  • Tekanan darah
  • Indeks massa tubuh dan ukuran pinggang.
  • Kolesterol
  • Gula darah
  • Screening kanker usus
  • Tes kanker prostat.
  • Kulit.


1. Tekanan darah

Umur 45 tahun, satu dari tiga pria memiliki tekanan darah tinggi. Hipertensi bisa memperpendek lima tahun umur pria. Ini satu alasan melakukan tes setiap tahun.

2. Indeks massa tubuh dan ukuran pinggang.

Indeks massa tubuh adalah ukuran apakah berat badan seseorang sesuai dengan tinggi badannya. Indeks massa tubuh 25 atau di atasnya berisiko terkena diabetes, penyakit kardiovaskular, kanker, dan arthritics. Lingkar pinggang di atas 40 inci meningkatkan terjadinya sindrom metabolisme.

3. Kolesterol

Lihat total kolesterol secara menyeluruh (total kolesterol yang sehat di bawah 200) dan kolesterol jahat atau LDL (yang bagus 100 hingga 130). Kadar kolesterol “baik” HDL yang rendah (di bawah 40) dan tingginya trigliserida (di atas 150) berisiko mendapat serangan jantung dan stroke. Mereka seharusnya melakukan pemeriksaan darah menyeluruh setiap 3 tahun pada umur 30-an, tiap 2 tahun (umur 40-an), dan tiap tahun (50-an ke atas).

4. Gula darah

Satu dari 10 pria berisiko mendapat diabetes tipe 2 dan komplikasinya. Tapi banyak yang tidak tahu. Seorang pria yang sehat butuh tes pemeriksaan gula darah puasa ketika masuk usia 45 tahun, atau bisa lebih cepat apabila dia memiliki riwayat keluarga diabetes, tekanan darah tinggi, HDL rendah, atau kelebihan berat badan.

5. Screening kanker usus

Ini adalah kanker ketiga yang paling sering terjadi dan mematikan. Mulailah melakukan screening pada umur 50 tahun atau lebih cepat jika memiliki riwayat keluarga.

6. Tes kanker prostat.

Setiap pria seharusnya mendapat pemeriksaan rectal digital tiap tahun saat memasuki umur 50 tahun. Dan umur 45 tahun jika memiliki riwayat penyakit ini.

7. Kulit.

Lebih banyak pria dibanding wanita yang meninggal akibat malignant melanoma. Pemeriksaan rutin bulanan dan tahunan bisa mendeteksi dini pertumbuhan kulit yang mencurigakan. Biasanya titik yang berbahaya di punggung bagian atas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s